News Update :

Indonesia Percaya Jepang akan Pulih

18 Maret 2011

Bencana alam gempa dan tsunami di Jepang yang terjadi Sabtu (12/3/2011) lalu dapat berimplikasi pada hubungan dagang, seperti ekspor-impor Indonesia dan Jepang, hingga pembiayaan sejumlah proyek bilateral Indonesia-Jepang.

"Kalau Bappenas-kan yang mengkoordinasikan kerja sama pembangunan, misalnya yang kerjasama dan didanai oleh skema JAICA. Nah, sampai sekarang belum ada indikasi akan ada perubahan. Kalau komitmen itu kan sudah dibicarakan 5 tahun, jadi sementara ini masih tetap," ujar Menteri PPN/Bappenas Armida Alisjahbana usai menghadiri acara penyerahan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, di Jakarta, Jumat (18/3/2011) kepada Kompas.com.

Secara terpisah, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar juga menyebutkan hal yang serupa, bahwa kerusakan akibat gempa di Jepang kali ini masih lebih kecil dibandingkan dengan kejadian serupa pada tahun 1995 di Kobe.
"Itu bisa dikatakan Kobe dan sekitarnya adalah pusat banyak industri manufaktur dan pelabuhan utama.Gempa yang terjadi di Kobe katakanlah menghancurkan bagian perkeonomian Jepang 12 persen dari PDB. Sedangkan minggu lalu, dipekrirakan mengenai area atau cakupan wilayah yang besarannya 6,5 persen dari PDB," jelas Mahendra, di Jakarta, Jumat (18/3/2011).

Namun, ini memang ini masih tsunami, belum dampak kerusakan akibat nuklir. Dan, daerah yang kena adalah basis pertanian, dan olahan bahan baku, seperti besi baja, minyak, dan pulp. Mahendra juga menyebutkan, sekalipun Jepang banyak memiliki utang publik terhadap PDB 204 persen, Indonesia hanya 24 persen, defisit fiskal Jepang 7,5 persen, sedangkan Indonesia 1,5 persen.

"Namun, karena APBN-nya besar sekali, dan juga berdasarkan rekonstruksi waktu Kobe, dan jika rekonstruksi pasca gempa dilakukan dalam periode 5 tahun, maka biayanya diperkirakan tidak lebih dr 0,4 persen dari PDB. Jadi kepercayaan yang menunjukkan Jepang mampu menyerap biaya rekonstruksi tanpa membuat goyah APBN tidak terlalu dikuatirkan," jelasnya yang meyakini negara di Asia Timur ini mampu pulih. 

Sumber disini Shared by Q Ingin Bisa
Share this Article on :

5 komentar:

agus priyadi mengatakan...

wa'alaikum salam wr.wb ...
asiik mantap beriota nya neh :)
ane juga percaya gan klau jepang juga pasti kan bangkit seperti sedia kala :)

http://bhotol.dhmart.info/

Q Ingin Bisa mengatakan...

selamat datang kawan di simple blog Q,
iya kawan kita doakan aja moga tabah menghadapi ujian ini, dan diberi kemudahan untuk bangkit kembali,amien

nazy mengatakan...

bos tuker link yuk link ente sudah terpasang....
silahkan di cek,,,,,,

Q Ingin Bisa mengatakan...

oke sobat silahkan di cek di banner/link sobat
link sobat udah saya pasang, salam kenal n sukses sll

kerapan sapi mengatakan...

rasanya tidak terlalu susah bagi orang jepang untuk bangkit lagi..karena orang jepang terkenal akan semangatnya..

Posting Komentar

Assalamu'alaikum sobat semua...jika sobat sudah mampir di blog saya jangan lupa komentarnya ya,,,mohon saran dan kritiknya, karena setetes komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini, Terima kasih semua. SALAM BLOGGER

 

© Copyright Q Ingin Bisa 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.