News Update :

Trik Navbar Bloger

17 Februari 2010

untuk kali ini saya akan memposting Trik Navbar Blog,ni adalah cara untuk menyembunyikan navbar blog saya, jadi insyaallah pengalaman saya dari membuat blog akan saya postingkan di blog saya ini...!
Sebenarnya apa sih Navbar Blog itu? Untuk lebih mudahnya teman-teman bisa langsung melihat gambar ini:

template blog sobat kalau blog itu baru saja di buat. Sebagian blogger merasa tidak srek atau tidak nyaman kalau navbar ini tampil di blog mereka, biasanya si ada beberapa template buatan para master otomatis menyembunyikannya. Beberapa alasan yang biasa muncul adalah karena takut nantinya para pengunjung mengklik tulisan blog berikut, sehingga dengan mengklik tulisan ini maka si pengunjung akan dibawa ke blog lain, alasan lainnya lagi karena memang tampilannya kurang menarik, dll. oleh karenanya banyak dari para blogger berusaha untuk tidak menampilkan navbar ini, baik itu dengan tidak menampilkannya secara permanen, ataupun dengan cara menyembunyikannya akan tetapi jika kita mengarahkan mouse kita ke navbar, maka navbar tersebut akan muncul, atau biasa juga disebut dengan navbar auto hide (contohnya saja blog pemula ini).

Untuk melakukan trik navbar ini kita hanya perlu sedikit mengotak atik kode HTML template kita.

A. Membuat Navbar Auto-Hide.

Trik ini akan menjadikan navbar blog kita tidak kelihatan, namun tidak hilang. Karena cukup dengan mengarahkan kursor mouse kita ke arah navbar (bagian atas blog) maka secara otomatis navbar blog akan kelihatan. Untuk lebih jelasnya silahkan untuk mengarahkan kursor mouse anda ke bagian navbar blog ini. Bagaimana, tertarikkah anda untuk mencobanya? kalau tertarik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke Blogger.
2. Klik Tata Letak.
3. Klik Edit HTML.
4. Lalu cari kode ]]></b:skin> (tekan F3 di keyboard atau ctrl+f) lalu kopi-paste kode berikut di atas kode ]]></b:skin> :


#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
#navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)}

5. Klik Simpan Template.
6. Sekarang silahkan dilihat hasil kerjaan anda.

B. Membuat Navbar Hilang/ Menghilangkan Navbar.

Selanjutnya cara menghilangkan navbar, dan tentunya ini tidak bisa muncul seperti trik auto-hide. Beberapa blogger masih membahas apakah menghilangkan navbar blogger itu termasuk melanggar TOS (Term of Service) Blogger atau tidak. Akan tetapi secara pribadi si empunya blog hanya menemukan di ruang TOS Blogger menyatakan tentang kegunaan navbar ini adalah untuk/ agar si pengunjung blog tertentu bisa mengunjungi blog berikutnya, tentunya ini tidak menentu alias secara acak. Sedang kegunaan lain bisa anda temukan di navbar itu sendiri, seperti: mencari sesuatu yang ada di blog yg sedang kita kunjungi, berbagi atau sharing isi blog, forum untuk melaporkan penyalah gunaan blog, entri baru, kostumisasi, dan sign in/ sign out. Jadi selama belum ada peraturan mengenai hal ini, teman2 santai saja gak perlu khawatir. Toh belum ada laporan mengenai blog yang dihapus gara-gara navbar-nya dihilangkan^.

Ok, langkah-langkah menghilangkan navbar adalah sebagai berikut:

1. Login ke Blogger.
2. Klik Tata Letak >> Edit HTML.
3. Letakkan kode berikut setelah bagian yang ada tulisan "Blogger Template Style"
atau di atas kode yang bertuliskan /* Variable definitions .


/*---Hide navbar---*/

#navbar-iframe{
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}


4. Klik Simpan Template.
5. Selesai...

cuman gitu deh sebenernya....selamat mencoba yah

Sumber : http://belajar-bersama-pemula.blogspot.com
Shared by: http://qinginbisa.blogspot.com
Share this Article on :

3 komentar:

Fais Wahid mengatakan...

makasih ya udah sedia mencamtumkan url aku...
thx sobat...

Fais Wahid mengatakan...

sebagai tanda terima kasih link kamu sudah aku pasang jika sudi silahkan pasang link aku juga ya...

Anonim mengatakan...

thx ya tapi kalau navbaranya sudah di hilangkan cara menulis entri , rancangan dsb gimana??

Posting Komentar

Assalamu'alaikum sobat semua...jika sobat sudah mampir di blog saya jangan lupa komentarnya ya,,,mohon saran dan kritiknya, karena setetes komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini, Terima kasih semua. SALAM BLOGGER

 

© Copyright Q Ingin Bisa 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.